28 Juni 2013

Lukisan Karya Lee Man Fong - Paintings by Lee Man Fong



Lukisan Bangau karya Lee Man fong. Ukuran 60 x 35 cm.
                                   ------------------

Lee Man Fong lahir di Guangzhou, Cina, 14 November 1913. Lee Man Fong dekat dengan Bung Karno. Tergolong pelukis maestro sekelas Affandi. Lukisan Lee Man Fong sangat disukai Soekarno karena dipandang seperti ventilasi di tengah sibuknya revolusi. Pada tahun 1961, Lee Man Fong diangkat resmi menjadi pelukis istana dan warga Indonesia menggantikan pelukis sebelumnya, Dullah (1950-1960). Semenjak itu Man Fong bekerja untuk Presiden Soekarno dalam waktu empat tahun.

Di masa sekarang, lukisan Lee Man Fong semakin bernilai tinggi. Pada 2010 silam, Balai Lelang Sotheby Hong Kong melelang karya Lee Man Fong yang berjudul Bali Life dengan rekor US$ 3,2 juta. Harga yang sangat tinggi dan menjadikannya sebagai pelukis dengan karya termahal di kawasan Asia Tenggara.
 
Pada April 2011, Sotheby kembali melelang sejumlah mahakarya seni Man Fong lainnya, antara lain Doves atau Burung Merpati. Karya ini dinilai merupakan karya terbaik Man Fong karena dia jarang melukis dengan media kanvas dan terbiasa melukis diatas media hardboard. Selain itu karya seni juga berbeda dengan kebiasaan Man Fong yang menampilkan warna Asia dalam lukisannya.
Tahun lalu, lukisannya yang berjudul Fifteen Goldfish, terjual seharga Rp 16 miliar dalam lelang Christie’s di Hong Kong. Lukisan yang menggambarkan 15 ekor ikan emas hias itu dibuat pada 1940.

sumber: CekRicek

6 komentar:

  1. Pak Abduh,
    Saya juga punya old chinese painting, mohn bisa bantuannya untuk di cek, lukisan saya karya siapa ya? Terima kasih

    BalasHapus
  2. Saya sendiri sebenarnya juga kurang faham mengenai lukisan. Tapi ada teman saya yang lebih faham. Saya akan coba tanyakan kpdnya. Silahkan kirim fotonya via email. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. lama banget ya, buatan tahun 1913,
    betul-betul langka, metland tambun

    BalasHapus
  4. Para kolektor silahkan buka link ini...barang mantap. http://bitly.com/1HUK8rd

    BalasHapus
  5. pak saya juga punya lukisan lee Man fong .saya mohon di bantu cek apakan lukisan saya ini asli atau buka

    BalasHapus
  6. pak saya juga punya lukisan lee Man fong .saya mohon di bantu cek apakan lukisan saya ini asli atau buka

    BalasHapus